Bad Sector Hard Disk dan Cara Memperbaiki

Pada saat mengoperasikan komputer kita dapat pesan merujuk Hard Disk bad sector. Kesalahan biasanya ditandai sebagai “CRC” atau “Cyclic Redundancy Error”. Beberapa Data hilang, tidak dapat dibaca atau rusak, tidak bisa mengakses file. Ini penyebabnya adalah Bad Sector Pada Hard Disk.

Harddisk

Sector Pada Hard Disk adalah ruang penyimpanan pada Hard Disk. Sector buruk adalah sector atau ruang penyimpanan pada disk tidak dapat ditulis atau dibaca karena kerusakan fisik atau inkonsistensi paritas dalam pemeriksaan bit pada disk. Setiap data yang ditulis atau disimpan pada area tersebut bisa hilang atau rusak.

Data yang berada pada bagian sektor disk lain tidak terpengaruh dan Hard Disk masih dapat digunakan jika bad sectornya sedikit. Baca artikel Tips Memilih Hard Disk Eksternal, BIOS (Basic Input Output System) serta Printer Epson LX 300+ii Dot Matrix second

Beberapa Penyebab Bad Sector Hard Disk :
  1. Melemahnya system magnetik pada Hard Disk dan kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet yang berakibat Hard Disk tidak bisa menyimpan data.
  2. Disebabkan guncangan atau getaran, dimana saat mengoperasikan komputer, Hard Disk sedang melakukan proses baca dan tulis, bila terjadi goncangan atau getaran, dapat menyebabkan head akan menggesek piringan dari Hard Disk sehingga menyebabkan goresan pada piringan dan terjadilah bad sector.
  3. Daya listrik menurun ataupun mati secara tiba-tiba. Hard Disk yang sedang melakukan proses baca dan tulis terhenti mendadak dan bekerja mendadak saat daya listrik naik lagi secara tiba-tiba. Kejadian seperti ini head dapat menggesek piringan Hard Disk
  4. Akibat dari susunan file pada Hard Disk tidak teratur, sehingga head tidak teratur dalam membaca urutan file yang dibutuhkan, lama-kelamaan head dapat menggesek plater dari Hard Disk dan mengakibatkan bad sector pada Hard Disk
Bad sector biasanya memiliki kecenderungan untuk menyebar dan biasanya sulit untuk diperbaiki. Ketika Bad sector menyebar, dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem ketika file sistem penting lainnya rusak. Data yang rusak ringan masih dapat diperbaiki dengan beberapa software.

Tanpa disadari bad sector juga bisa disebabkan oleh pemeriksaan Parity yang buruk saat menyalin bit pada disk. Pada Hard Disk modern data akan disimpan secara transparan dan akan menyimpan Parity bit bersama-sama dengan data. Ketika data dibaca, bit paritas juga diambil dan dibandingkan untuk menjamin integritas data. Hal ini berlangsung tanpa sepengetahuan user.

Ketika bit parity rusak untuk beberapa alasan, kemudian akan berakibat pada kesalahan bad sector. Dalam hal ini, melalui beberapa perangkat lunak pemulihan proprietary, ADRC benar-benar bisa memperbaiki bad sector tanpa kehilangan data dengan mengoreksi atau menulis ulang bit-bit Parity yang rusak pada disk.

Sangat sering bad sector dapat terjadi sebagai akibat dari head gagal dalam melakukan proses baca dan tulis. Ketika head gagal dalam proses baca dan tulis dan menafsirkan sinyal magnetik normal, selain itu bad sector juga bisa terjadi karena tanda-tanda awal disk crash karena mengalami penurunan kinerja Hard Disk.

Solusi Masalah Bad Sector Hard Disk
Jika disk masih bisa dijalankan dengan baik, segera backup data penting untuk menghindari hilangnya data lebih lanjut. Jika sistem merespon kemacatan data saat mengcopy data yang penting itu berarti data kita ada tersimpan pada lokasi bad sector tersebut dan susah dikembalikan.

Umumnya, proses format penuh harus dapat “menutupi” bad sector atau mengalokasikan sektor buruk dalam tabel alokasi file. dan anda bisa terus menggunakan disk sementara sistem operasi akan memperhatikan lokasi bad sector dan menghindari sector yang rusak tersebut.

Utilitas lain seperti CHKDSK umum yang disediakan oleh Sistem Operasi Windows dapat membantu untuk mendeteksi dan menandai bad sector. Selama scan pada permukaan piringan Hard Disk, head akan mencoba untuk menulis data ke sektor itu dan kemudian membaca kembali apakah bekerja atau tidak.

Jika proses baca dan tulis tidak dapat dilakukan, sektor ini ditandai sebagai bad sector karena tidak dapat digunakan. Sistem operasi akan mencatat sektor tertentu dan menghindari pemakaian sektor tersebut. Setelah itu, bad sector akan dipetakan ke sektor khusus pada drive yang disediakan.

Untuk memeriksa bad sector pada Hard Disk dapat melakukannya dengan cara :
  • Double klik My Computer
  • kemudian klik kanan partisi Hard Disk, contohnya C atau D yang ingin diperiksa.
  • Kemudian Klik Properties
  • Lalu klik tombol Tools.
  • Selanjutnya klik Check now.
  • Centang Automatically fix file system error dan Scan for and attempt recovery of bad sectors
  • Kemudian LKlik Start
Bad_Sector


Cara Memperbaiki Bad Sector Hard Disk Ringan
Apabila bad sector Hard Disk masih bad sector kategori ringan kita dapat memperbaikinya dengan cara menggunakan fasilitas check now seperti diatas, atau menggunakan beberapa software seperti HDD Regenerator, atau software Low Level Format.

Bila bad sector sudah banyak maka siap-siap kita harus membackup data dan membeli Hard Disk baru sebagai gantinya
Suka Bad Sector Hard Disk dan Cara Memperbaiki, dan ingin berlangganan gratis via email artikel seperti Bad Sector Hard Disk dan Cara Memperbaiki, silahkan klik disini atau masukkan email di kolom tersedia untuk mendapatkan artikel yang terbit di Dhicomp
Share this article :

16 comments

urutan susunan file pada Hard Disk tidak teratur ternyata bisa mengakibatkan bad sector pada hardisk jug ya..
makasih mas diberikan solusi

Wah mas tahu banget ya kayanya sama semua tentang dalaman komputer keren banget ?

bad sector HD di lengkapi dengan cara memperbaikinya ini pasti bakal banyak orang yang membutuhkan, beda banget artikelnya penuh dengan ilmu, nggak kaya blog saya deh ih..

Kalo bad sectornya masih ringan masih diperbaiki di softwarenya ya kang, dengan cara-cara di atas... Iya kalo bad sectornya udah parah, apa boleh bikin, mesti beli baru, datanya jangan lupa back up,,,, hehe,,,, siiiipppp kang... :)

Pekerjaan sehari-hari Kang. Hanya saja pengetahuan kami masih sangat minim

Ngeblog sambil membuat catatan pengingat Kang

Siap Komandan Diar

Jadi salah satu penyebabnya... guncangan

Iya kan biasanya kalau pekerjaan sehari walaupun ilmunya masih minim kedepannya pasti meningkat kang ?

Semoga diberi kelancaran yang kang dalam pekerjaan sehari harinya.

Umumnya ciri bad sector itu harddisknya berisik ya mas?

Kalau dibaca diatas ada radiasi dari barang elektronik jadi memang ga boleh didekatkan yang memiliki getaran magnet yang kuat, seperti ponsel.

Dulu pas masih tersedia pc, saya selalu menggunakan stablizer buat menstabilkan listrik kalau tiba-tiba mati itu ga akan merusak harddisk. Karena distabilkan lagi ketika menyala.

Kalau laptop saya ga menunggu baterai ampe abis tapi tinggal 15% sambil dicas biar ga cepat rusak ke harddisknya.

memang tergantung gimana merawatnya.

Makasih sekali ilmunya.

Kebanyakan penyebab kerusakan HDD disebabkan guncangan berlebih

Benar sekali Pak Guru, bagaimana cara merawat Laptop ataupun PC nya yang membuat HHD bisa awet.

Paling umum dan sering yg jadi penyebabnya hardisk rusak pada point 2 dan 4 mas..Apalagi kayak saya sering di bawa-bawa..hehe