EFI (Extensible Firmware Interface)

Pada artikel BIOS (Basic Input Output System) dijelaskan BIOS adalah software mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer. Dimana pada era IBM berjaya sangat terkenal untuk setting hardware dengan tampilan grafis sederhana.

EFI-Extensible-Firmware-Interface

BIOS kita pergunakan saat kita ingin mengetahui konfgurasi hardware atau ingin mengubahnya, misalnya seperti mengubah urutan booting ataupun mengaktifkan hardware tertentu dan lainnya. BIOS berjalan pada modus real (real-mode) yang lambat.

Para desainer PC sepakat mengganti BIOS dan dinamakan EFI (Extensible Firmware Interface) diturunkan dari arsitektur IA-64 (Itanium). EFI (Extensible Firmware Interface) inilah kemudian yang menjadi cikal bakal berkembanya software UEFI.

EFI memiliki fungsi lebih luas dan lebih baik dari BIOS (Basic Input Output System), sebelum sistem operasi loading sistem EFI bisa ditambahkan beberapa kode sendiri, bisa dijalankan di banyak platform, bisa ditulis di bahasa C dan banyak kelebihan lainnya lagi dari EFI (Extensible Firmware Interface).

Intel mengembangkan EFI namun hanya berakhir di versi 1.10 dan kemudian menyerahkannya ke sebuah forum UEFI (Unified EFI) dimana para anggotanya adalah produsen besar di bidang komputer seperti AMD, Apple, Dell, dan lainnya.

Next : UEFI (Unified Extensible Firmware Interface)
Suka EFI (Extensible Firmware Interface), dan ingin berlangganan gratis via email artikel seperti EFI (Extensible Firmware Interface), silahkan klik disini atau masukkan email di kolom tersedia untuk mendapatkan artikel yang terbit di Dhicomp
Share this article :

18 comments

wah ndak paham sy soal gituan...hny bisa nyimak sj :)

Ga apa-apa Kang, data aja...

ternyata BIOS sudah berganti menjadi EFI ya...., dunia komputer memang semakin lama semakin canggih....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

jd untuk perangkat2 yg baru sudah menggunakan EFI ya gan bukannya BIOS lagi?
kunjungan perdana, salam kenal...:)

Belum Om Hari, ceritanya belum selesai masih berlanjut

Masih BIOS Teman. Salam kenal juga dari Kami

wawasan baru buat saya, terima kasih mas .....

Rencananya kapan akan berganti jadi EFI?

Ngga ngerti tentang BIOS, Bang.. Tapi keknya pernah denger waktu abang penginstallnya ngomong. Heheh..

Terimakasih kembali Kang Ucup

Ceritanya masih ada dua babak lagi Kang

Paling tidak pernah baca dan dengar lah Beb

Hadeuh, kurang ngerti sama bios :D
makasih udah share mas..

Ga apa-apa Kang Firman buat data kami ...

Mainboard generasi baru udah banyak yang pake UEFI ini ya gan :D

Sudah ada tapi belum semua Kang Ditya

artikel yang uefi udah ada sob?

Berikutnya Kang Ilham