Fungsi Notepad

Di artikel Cara Mengatasi Notepad Tidak Bisa Dibuka di Windows 7 kami sudah membahas sekilas notepad. Notepad sebenarnya mempunyai multi fungsi, notepad adalah software program text simple sehingga kompatibel dengan berbagai aplikasi.

Notepad_Windows

Versi awal Notepad hanya ciri-ciri asas, seperti mencari teks dan untuk versi lanjutan ( Window ) ditambahkan dengan fungsi cari dan ganti ( search and replace ), termasuk juga [Ctrl-X] dan pintasan papan kekunci. Dalam versi lama seperti yang disertakan dengan Windows 95, 98, ME dan 3.1, terdapat had pada saiz fail yang dapat di edit.

Sayangnya setelah keluarnya microsoft office ,open office dan banyak software office lainnya banyak sudah yang melupakan notepad software program text ini. Simak artikel Daftar Harga RAM Laptop SODIMM Oktober 2015 serta bagaimana Tips Merawat Laptop atau Notebook - Agar Tidak Cepat Rusak

Beberapa Contoh Fungsi Notepad adalah:
  1. Bisa digunakan membuat (mengedit) file ber extension bat (atau extension cmd untuk windows 2000 keatas ), bat atau cmd adalah aplikasi under dos bisa digunakan bermacam fungsi tergantung command (perintah)  yang diketik dinotepad. Misalnya buat perintah shutdown.
  2. Membuat file ber extension inf, inf adalah  file yang digunakan untuk install driver hardware ,yang sekarang menjadi multifungsi,bisa jadi virus atau anti virus tergantung isinya. Misalnya: autorun.inf , yang sebenarnya dulu digunakan untuk cd, bila dimasukkan ke komputer akan langsung menjalankan aplikasi tertentu. Tapi sekarang digunakan untuk menjalankan virus di flash disk (UFD).
  3. Membuat (mengedit)  file ber extension reg ,reg adalah  file yang digunakan untuk memasukkan settingan Windows melalui registry windows(regedit.exe).
  4. Membuat (edit) file ber extension vbs, js dll. file tersebut adalah script yang digunakan untuk berbagai keperluan.Yang  compiler adalah wscript.exe atau cscript.exe. Dan masih banyak lagi yang lain: misalnya html dll.

Dengan notepad ini kita akan belajar banyak bahasa program,baik itu dos (.bat , .cmd).script ( .js , .vbs) dan lainnya,dengan cara click kanan >> open with notepad pada file-file tersebut.

Yang kami tulis ini memang sangat mendasar tentang Fungsi Notepad dan tentunya masih banyak diantara teman-teman yang lebih memahami Fungsi Notepad ini. Disini kami menulis singkat sebagai catatan pribadi kami.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Fungsi Notepad"

  1. Baru tau aku klo fungsinya banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fungsi Notepad multi fungsi kang

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel