Pengertian Brainware Komputer

Di artikel Mengenal Dasar Tentang Komputer dijelaskan bahwa Sebuah sistem komputerisasi terbentuk dari tiga elemen pendukung dan salah satu dari tiga elemen tersebut adalah Brainware. Kali ini Dhicomp akan coba kupas perihal Brainware Komputer.

Brainware

Brainware komputer adalah orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer. Brainware dapat dikonotasikan sebagai intelektual yang mengoperasikan kemampuan dari hardware komputer dan software komputer. Tanpa adanya brainware (Intelektual) ini mustahil hardware dan software dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Berdasarkan tingkat pemanfaatan / pengguna umum sebuah sistem komputer, brainware komputer dibagi dalam empat tingkatan dasar. Sebenarnya dalam bidang IT masih banyak brainware komputer lainnya seperti Teknisi Hardware, Graphic Designer, Spesialis Jaringan, dll.

Kali ini kita akan membahas empat tingkatan dasar saja.

A. System Analyst
System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. System Analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem.

Seorang System Analyst memiliki setidaknya empat keahlian :
  1. Analisis
  2. Teknis
  3. Manajerial, dan
  4. Interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain)
Kemampuan analisis memungkinkan seorang system analyst untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan.

Keahlian teknis akan membantu seorang system analyst untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Dan seorang system analyst harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan.

Keahlian manajerial akan membantu seorang system analyst untuk mengelola proyek, sumber daya, resiko serta perubahan.

Keahlian Interpersonal akan membantu system analyst dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer, administrator dan profesi sistem lainnya.

B. Programmer
Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.

C. Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.

D. Operator
Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.
Suka Pengertian Brainware Komputer, dan ingin berlangganan gratis via email artikel seperti Pengertian Brainware Komputer, silahkan klik disini atau masukkan email di kolom tersedia untuk mendapatkan artikel yang terbit di Dhicomp
Share this article :

16 comments

lengkap pembahasanya mas, :)

Dasar Tentang Komputer Kang Muhammad Mukhlis

Saya anak SI Mas...
Just Info

Dari 4 dasar apa kita perlu menguasai semuanya apa cukup salah satu aja mas?

Satu aja cukup, sesuai dengan kebutuhan aja Pak Guru

lumayan nih disebut brinware, agak keren. nam sofwer juga keren ko xixixi

Syukur-syukur kita bisa menguasai salah satu ya kan Mas Dhi..heee

Sebaiknya menguasai salah satu Kang Syahran Syah

saya anak apa kalo gituh mas wahab ?

betul betul betul :)

Anak Ayah Kang Muhammad Mukhlis

Emang ngerti Kang Mukhlis?

Inget pajaran SMA, hardware, software, dan brainware...aha

Dasarnya Kang Andi, mengulang lagi