Tips Memilih Hard Disk Eksternal

hard-disk-eksternal
Kapasitas simpan Hard Disk di dalam komputer dekstop atau laptop menciut dengan cepat sekarang ini merupakan sesuatu hal yang wajar. Untuk mengetahui kondisi HDD kita simak artikel Ciri-ciri Hard Disk Drive (HDD) Rusak

HDD cepat menciut karena besarnya file yang kita simpan, koleksi foto hasil jepretan kamera digital yang kian tinggi resolusinya, ditambah dengan aplikasi-aplikasi menarik yang sering kita unduh, sunting, dan pakai, terus saja bertambah, sementara kapasitas Hard Disk tidak pernah kita Upgrade

Kalau sudah begini, solusi paling praktis adalah dengan tambahan sebuah Hard Disk Portabel atau Hard Disk Eksternal. Disebut praktis karena Hard Disk Eksternal ringkas, dan mudah digunakan, tinggal koneksikan Hard Disk ke port USB via kabel yang disediakan, kita sudah mendapat tambahan kapasitas Hard Disk.

Untuk lebih mengenal tentang Teknologi USB simak artikel kami Mengenal Universal Serial Bus (USB) dan juga artikel Mengenal Teknologi USB 3.0. Berikut ini Dhicomp berikan sedikit Tips Memilih Hard Disk Eksternal yang baik.

Tips Memilih Hardisk External

1. Kapasitas (Kapasitas Maksimal)
Kapasitas simpan Hard Disk Eksternal bervariasi, dimulai dari 40GB sampai 3TB. Jika kita banyak bekerja dengan file video dan grafis, kami sarankan untuk memilih Hard Disk Eksternal dengan kapasitas terbesar yang mampu kita beli.

2. Speed Drive
Speed Drive atau kecepatan putar Hard Disk ditentukan oleh kecepatan laju data dinyatakan dalam satuan rpm (rotation per minute). Umumnya Hard Disk berputar pada kecepatan 5400rpm, namun ada juga yang 7200rpm.

3. Buffer atau Cache
Besarnya buffer mewakili jumlah memori yang di-cache, atau disimpan yang bisa ditangani oleh sebuah drive ketika menanti permintaan (request) berikutnya dari sistem. Besarnya buffer berkisar dari 2MB – 64MB.

Semakin besar ukuran buffer, semakin banyak data yang bisa disimpan dan semakin cepat pengantaran datanya. Namun semakin besar ukuran buffer yang dikemaskan sebuah Hard Disk, akan semakin mahal pula harga Hard Disk tersebut.

4. Fitur Recovery
Pilihlah Hard Disk Eksternal yang dilengkapi dengan fitur backup and recovery dalam paketnya. Fitur ini berguna di saat file-file mengalami kerusakan atau korupsi data akibat hilangnya listrik secara tiba-tiba, atau pun akibat serangan virus. Melalui fitur recovery, kita dapat dengan mudah memulihkan data yang hilang atau rusak.

5. Memiliki Garansi
Rata-rata Hard Disk Eksternal memilki garansi 1-3 tahun, namun ada juga yang lebih singkat. Meski garansi HDD bukan faktor utama tapi paling tidak HDD eksternal yang kita beli ada jaminannya.

6. Harga
Hati-hati dengan harga tidak layak dengan alasan diskon. Jangan terjebak dengan harga sangat murah yang hasilnya kita mendapatkan Hard Disk Eksternal kurang baik.

Catatan penting dari Dhicomp :
Kami banyak menemukan Hard Disk Eksternal Product dari merek terkenal, berisikan Hard Disk Drive (HDD) yang kurang baik. Ini dapat di buktikan dengan test software Utility HDD, jadi sebaiknya kita lebih extra hati-hati.

Bagaimana teman-teman, pilihan ada ditangan kita semua. Silahkan memilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan tentunya.
Suka Tips Memilih Hard Disk Eksternal, dan ingin berlangganan gratis via email artikel seperti Tips Memilih Hard Disk Eksternal, silahkan klik disini atau masukkan email di kolom tersedia untuk mendapatkan artikel yang terbit di Dhicomp
Share this article :

33 comments

duh, berarti merk terkenal gak menjamin kinerja yang baik, ya?

Iya Kang Ione, kami sering menemukan Hard Disk Drive Repaired (R) ada didalamnya

Pernah beli yang 512gb tapi kapasitasnya hanya 470an Gb, apa itu ketipu ?

pas banget, saya lagi nyari barang ini sob, trims buat tipsnya

terima kasih tipsnya kang, sangat bermanfaat, jadi patokannya bukan merek semata ya kang

Waah makasih sob atas tips memilih hard disknya

Ga masalah Kang Achmad

Terimakasih Kembali Kang Muroi

Benar Mbak Ika, lebih baik diteliti dulu

Terimakasih Kembali Teman

kebetulan saya belum pernah mas beli hardisk eksternal. Belum ada dana nya :D

sangat bermanfaat tips memilih externak hardisk ini.. saya telah membelinya..

saya pernah pakai WD (western digital) rusak tapi untungnya masih garansi, jadi di ganti. meski harus sabar nunggu 1 bulan. tapi ga apa apalah yang penting di ganti.

Wadu, Mbak koq sigitunya

Semoga bermanfaat Mizz

Untung ada garansinya ya Kang

Harus jeli ya memilih HDD ini...

info yang bermanfaat, pengen beli sih tapi ngumpulin uang dulu,hehe

saya awam dengan hard disk, berarti harus hati-hati untuk orang yang gak terlalu pahamseperti saya.

kalo boleh tahu, merk yang lumayan bagus, merk apa bos?

tipsnya sangat membantu sekali mas, karena setiap pembelian HD eksternal kebanyakan orang hanya terpaku pada merk dan ukuran kapassitasnya
thanks mas :)

Harus extra hati-hati Kang Heri

Insya Allah kebeli Kang Ahmad

Sama Kang Luqman, kami juga masih belajar

Banyak teman, terserah kita untuk memilih sesuai dengan kebutuhan

Terimakasih kembali Kang Ferdon

Teliti sebelum membeli,,,
Mkasih tipsnya gan

Tepat sekali teman, Terimakasih kembali

sip nih...kepake tips nya, kebetulan lagi mikir mikir mo beli hard disk luar

Semoga manfaat buat teman lain Kang

siap gan... nanti tips nya di terapin deh kalau mau beli hard disk eksternal.. :)

Semoga manfaat Kang Irpan

ini dia tips yang udah lama saya cari makasih mas bro