Tips Memilih Hard Disk Eksternal

Kapasitas simpan Hard Disk di dalam komputer dekstop atau laptop menciut dengan cepat sekarang ini merupakan sesuatu hal yang wajar. Untuk mengetahui kondisi HDD kita simak artikel Ciri-ciri Hard Disk Drive (HDD) Rusak

hard-disk-eksternal

HDD cepat menciut karena besarnya file yang kita simpan, koleksi foto hasil jepretan kamera digital yang kian tinggi resolusinya, ditambah dengan aplikasi-aplikasi menarik yang sering kita unduh, sunting, dan pakai, terus saja bertambah, sementara kapasitas Hard Disk tidak pernah kita Upgrade

Kalau sudah begini, solusi paling praktis adalah dengan tambahan sebuah Hard Disk Portabel atau Hard Disk Eksternal. Disebut praktis karena Hard Disk Eksternal ringkas, dan mudah digunakan, tinggal koneksikan Hard Disk ke port USB via kabel yang disediakan, kita sudah mendapat tambahan kapasitas Hard Disk.

Untuk lebih mengenal tentang Teknologi USB simak artikel kami Mengenal Universal Serial Bus (USB) dan juga artikel Mengenal Teknologi USB 3.0. Berikut ini Dhicomp berikan sedikit Tips Memilih Hard Disk Eksternal yang baik.

Tips Memilih Hardisk External

1. Kapasitas (Kapasitas Maksimal)
Kapasitas simpan Hard Disk Eksternal bervariasi, dimulai dari 40GB sampai 3TB. Jika kita banyak bekerja dengan file video dan grafis, kami sarankan untuk memilih Hard Disk Eksternal dengan kapasitas terbesar yang mampu kita beli.

2. Speed Drive
Speed Drive atau kecepatan putar Hard Disk ditentukan oleh kecepatan laju data dinyatakan dalam satuan rpm (rotation per minute). Umumnya Hard Disk berputar pada kecepatan 5400rpm, namun ada juga yang 7200rpm.

3. Buffer atau Cache
Besarnya buffer mewakili jumlah memori yang di-cache, atau disimpan yang bisa ditangani oleh sebuah drive ketika menanti permintaan (request) berikutnya dari sistem. Besarnya buffer berkisar dari 2MB – 64MB.

Semakin besar ukuran buffer, semakin banyak data yang bisa disimpan dan semakin cepat pengantaran datanya. Namun semakin besar ukuran buffer yang dikemaskan sebuah Hard Disk, akan semakin mahal pula harga Hard Disk tersebut.

4. Fitur Recovery
Pilihlah Hard Disk Eksternal yang dilengkapi dengan fitur backup and recovery dalam paketnya. Fitur ini berguna di saat file-file mengalami kerusakan atau korupsi data akibat hilangnya listrik secara tiba-tiba, atau pun akibat serangan virus. Melalui fitur recovery, kita dapat dengan mudah memulihkan data yang hilang atau rusak.

5. Memiliki Garansi
Rata-rata Hard Disk Eksternal memilki garansi 1-3 tahun, namun ada juga yang lebih singkat. Meski garansi HDD bukan faktor utama tapi paling tidak HDD eksternal yang kita beli ada jaminannya.

6. Harga
Hati-hati dengan harga tidak layak dengan alasan diskon. Jangan terjebak dengan harga sangat murah yang hasilnya kita mendapatkan Hard Disk Eksternal kurang baik.

Catatan penting dari Dhicomp :
Kami banyak menemukan Hard Disk Eksternal Product dari merek terkenal, berisikan Hard Disk Drive (HDD) yang kurang baik. Ini dapat di buktikan dengan test software Utility HDD, jadi sebaiknya kita lebih extra hati-hati.

Bagaimana teman-teman, pilihan ada ditangan kita semua. Silahkan memilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan tentunya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

20 Responses to "Tips Memilih Hard Disk Eksternal"

  1. duh, berarti merk terkenal gak menjamin kinerja yang baik, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kang Ione, kami sering menemukan Hard Disk Drive Repaired (R) ada didalamnya

      Delete
  2. Pernah beli yang 512gb tapi kapasitasnya hanya 470an Gb, apa itu ketipu ?

    ReplyDelete
  3. pas banget, saya lagi nyari barang ini sob, trims buat tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Kembali Kang Muroi

      Delete
  4. terima kasih tipsnya kang, sangat bermanfaat, jadi patokannya bukan merek semata ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak Ika, lebih baik diteliti dulu

      Delete
  5. kebetulan saya belum pernah mas beli hardisk eksternal. Belum ada dana nya :D

    ReplyDelete
  6. saya pernah pakai WD (western digital) rusak tapi untungnya masih garansi, jadi di ganti. meski harus sabar nunggu 1 bulan. tapi ga apa apalah yang penting di ganti.

    ReplyDelete
  7. Harus jeli ya memilih HDD ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus extra hati-hati Kang Heri

      Delete
  8. info yang bermanfaat, pengen beli sih tapi ngumpulin uang dulu,hehe

    ReplyDelete
  9. saya awam dengan hard disk, berarti harus hati-hati untuk orang yang gak terlalu pahamseperti saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Kang Luqman, kami juga masih belajar

      Delete
  10. sip nih...kepake tips nya, kebetulan lagi mikir mikir mo beli hard disk luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga manfaat buat teman lain Kang

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel