Manfaat LAN Card Pada Jaringan Komputer

Manfaat LAN Card Pada Jaringan Komputer-Penggunaan internet pada sebuah komputer atau laptop tak lepas dari komponen LAN Card yang terpasang pada komputer atau laptop itu sendiri.

Jenis dan Fungsi Lan Card

Meski untuk berinternet ria kita bisa menggunakan modem ataupun wifi, akan tetapi penggunaan LAN Card sebagai media untuk mengakses internet masih tetap digunakan hingga saat ini.
Manfaat LAN Card Pada Jaringan

Apa itu lAN Card? LAN Card atau singkatan dari LOcal Area Network adalah salah satu perangkat antar muka dalam jaringan komputer untuk menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan lainnya yang menggunakan kabel.

LAN Card sendiri mempunyai nama yang berbeda-beda atau sering disebut kartu jaringan, Network Interface Card (NIC) dan Eternet Card

lan-card

LAN Card berbentuk kartu ekspansi yang dipasang pada slot PCI di motherboard komputer. Untuk menghubungkan jaringan komputer, LAN Card umumnya menggunakan port RJ-45. Dalam pemasangan LAN Card biasanya harus menginstal terlebih dahulu driver dari LAN Card tersebut, ada juga LAN Card yang telah otomatis terinstal tanpa harus menggunakan driver.

Sama halnya perangkat koputer lainnya, LAN Card juga mempunyai kelebihan dan kekurangnya, berikut ini kelebihan dari LAN Card komputer.
  • Jaringan komputer LAN biasanya mempunyai kecepatan yang cukup tinggi.
  • Jaringan komputer LAN dapat mempercepat proses saat mentransfer data ke komputer yang berada pada suatu lokasi.
  • Jaringan komputer LAN juga sangat mudah diterapkan ke semua jenis koputer yang ada.
  • Jaringan komputer LAN tidak perlu mengkhawatirkan akan kondisi cuaca.
  • Jaringan komputer LAN tidak memerlukan penggunaan koneksi pada jaringan WAN yang dapat membebani sebagian besar operator.
Dan dilhat dari beberapa kelebihan kelebihan dari LAN Card komputer tersebut maka LAN Card sendiri memiliki manfaat manfaat yang cukup penting.

Apa saja manfaat manfaat LAN Card komputer pada jaringan komputer?, berikut penjelasan selengkapnya dari 9 manfaat LAN Card pada jaringan komputer.
  • LAN Card dapat dimanfaatkan untuk memainkan game secara multiplayer.
  • LAN Card dapat dimanfaatkan untuk membagikan koneksi internet dari server ke client, dan hanya membutuhkan membutuhkan 1 server dan 1 modem untuk lebih dari 10 komputer.
  • LAN Card dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi seperti ngobrol dan juga chatingan antar komputer tanpa memerlukan bantuan WAN atau jaringan internet.
  • LAN Card dapat dimanfaatkan untuk mengakses database dari server.
  • LAN Card dapat dimanfaatkan untuk menjaga kerahasiaan sebuah data agar data tersebut dapat diakses hanya dengan komputer yang terhubung dalam jaringan LAN. Hal ini digunakan agar data tersebut tidak mudah bocor keluar jaringan.
  • LAN Card dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kinerja dari sebuah server yang mana sebagai penyedia data agar dapat dengan mudah diakses oleh komputer client.
  • LAN Card dapat dimanfaatkan untuk berbagi file dn data secara mudah dan cepat dalam sebuah jaringan LAN.
  • LAN Card dapat dimanfaatkan untuk memonitor atau meremote performance dan juga pada penggunaan PC dalam jaringan LAN.
  • LAN Card dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan dan untuk menyebarkan informasi-informasi yang bersifat internal tanpa harus disebarkan melalui jaringan WAN.
Demikian penjelasan tentang manfaat LAN Card pada jaringan komputer, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Manfaat LAN Card Pada Jaringan Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel