Lenovo Group Pembuat Komputer Nomor Satu di Dunia

Lenovo Group tetap mempertahankan posisinya sebagai pembuat komputer nomor satu di dunia meskipun angka penjualannya menurun drastis di pasar inti China, begitu menurut lembaga riset teknologi Gartner.

Lenovo-group

Penjualan tertinggi dipasar Amerika Serikat dan Eropa membantu pembuat komputer China, Lenovo mempertahankan posisi teratas di antara produsen pembuat komputer lainnya, mengimbangi penurunan di Asia.

Pengiriman produk Lenovo secara keseluruhan meningkat 2,8 persen dalam setahun terakhir dan memberi perusahaan ini 17,6 persen pangsa pasar global. Sementara, mantan pemegang posisi pertama, Hewlett-Packard (HP) Co, membukukan kenaikan 1,5 persen dalam pengiriman produk dengan pangsa 17,1 persen di pasar global.

Secara keseluruhan, angka penjualan komputer menurun hingga 8,6 persen pada kuartal ketiga, mengonfirmasi tren dunia sedang beralih dari komputer ke tablet yang menguntungkan Apple Inc dan Google Inc, namun merugikan produsen komputer Microsoft Corp dan Intel Corp.

Dalam 3 bulan terakhir, pengiriman komputer di seluruh dunia sebanyak 80,3 juta unit, level terendah sejak 2008, kata Gartner. Simak juga artikel kami Fitur O-Click Smartphone Oppo N1.

Eropa, Timur Tengah dan Afrika merupakan wilayah dengan penjualan terburuk, dengan penurunan 13,7 persen, diikuti oleh Asia Pasifik dengan penurunan 11,2 persen. Sementara pasar AS meningkat 3,5 persen, terbantu rendahnya penyetokan kembali barang dan popularitas model chip Intel terbaru.

"Pergeseran konsumen dari komputer ke tablet untuk konsumsi harian terus menurunkan pasar komputer," kata Mikako Kitagawa, analis utama Gartner.

"Ketersediaan tablet Android yang lebih banyak dengan harga yang tidak mahal menarik konsumen pertama di pasar negara berkembang dan menjadi perangkat tambahan di pasar negara maju," tambah analis utama Gartner.
Suka Lenovo Group Pembuat Komputer Nomor Satu di Dunia, dan ingin berlangganan gratis via email artikel seperti Lenovo Group Pembuat Komputer Nomor Satu di Dunia, silahkan klik disini atau masukkan email di kolom tersedia untuk mendapatkan artikel yang terbit di Dhicomp
Share this article :