Pertimbangan Sebelum Membeli Flashdisk

Flashdisk
Perangkat USB Flashdisk (UFD) merupakan perangkat penyimpanan data yang sudah tidak asing lagi. Dari waktu ke waktu sudah semakin banyak bermunculan bermacam-macam USB Flashdisk.

Para pengguna USB Flashdisk dihadapkan dengan pilihan yang beragam mulai dari kapasitas, bentuk, harga dan kemampuan yang bervariasi.

Tak bisa dipungkiri, dengan pilihan yang semakin banyak ini para pengguna USB Flashdisk pun menjadi kebingungan untuk menjatuhkan pilihan yang tepat.

Berikut ini hal yang perlu dipertimbangkan, ketika sedang memilih USB Flashdisk.

1. Casing
Casing menjadi salah satu elemen yang harus diperhatikan dalam memilih Flashdisk. Bukan hanya warna dan bentuk yang menarik, tetapi harus memperhatikan kekuatan casing. Casing Flashdisk yang bagus adalah casing yang akan kuat melekat melindungi bagian dalam Flashdisk.

Casing Flashdisk harus benar-benar kuat terutama karena dalam penggunaannya akan berulangkali harus ditancapkan dan dicabut. Biasanya casing flashdisk yang baik terbuat dari bahan campuran logam.

2. Kapasitas Penyimpanan
Kini kapasitas Flashdisk semakin beragam tersedia di pasaran. Kapasitas yang terlampau kecil semakin sulit ditemukan, sedangkan kapasitas yang semakin besar terus bermunculan.

Selain itu, harga Flashdisk pun semakin terjangkau. Nah, kapasitas Flashdisk yang mesti dipilih bergantung pada tujuan penggunaannya dan juga kemampuan daya beli.

3. Kecepatan Transfer Data
Kecepatan transfer data adalah kecepatan yang dimiliki Flashdisk untuk membaca data dan menyimpan data. Kecepatan membaca data biasanya lebih tinggi daripada kecepatan menyimpan.

Kecepatan membaca tertinggi pada Flashdisk mencapai 34 Mbyte/s (272 Mbit/s), sedangkan untuk kecepatan penyimpanan maksimal mencapai 28 Mbyte/s (224 Mbit/s).

Sementara itu kecepatan transfer data dari USB 2.0 berkisar antara 14 Mb/s hingga 24 Mb/s. Tetapi kecepatan tersebut nantinya akan menurun jika menggunakan kabel USB atau USB hub, ataupun kita menggunakan flashdisk yang ga jelas kualitasnya

4. Fitur Keamanan
Pada umumnya Flashdisk memiliki fitur menyimpan dan menampilkan data saja. Untuk Flashdisk yang memiliki fitur dasar seperti ini, para penggunanya harus melakukan modifikasi dengan menambahkan beberapa software agar Flashdisk memiliki fitur tambahan.

Misalnya saja penambahan software keamanan untuk menambahkan fitur pengaman data pada Flashdisk. Apabila tidak ingin repot soal keamanan data di dalam Flashdisk, bisa memilih Flashdisk yang sudah dilengkapi dengan fitur keamanannya.

Saat ini telah tersedia Flashdisk dengan sistem fingerprint yang mampu memberikan keamanan tingkat tinggi terhadap data yang tersimpan.

5. USB Flashdisk untuk pelancong
Bagi yang memiliki keharusan untuk melakukan traveling dengan membawa data penting dan menghadapi banyak resiko dalam perjalanan, maka sebaiknya pilihlah Flashdisk yang secara khusus dirancang untuk keadaan seperti ini.

Flashdisk jenis ini memiliki desain yang kuat dan kokoh. Desain ini dibuat untuk menghadapi kondisi ekstrim seperti temperatur panas yang tinggi, gesekan yang berlebihan atau tingkat kelembaban yang tinggi. Tipe ini dibuat dengan casing dari karet atau metal serta memiliki ketahanan terhadap air.

Buat teman-teman yang ingin menambahkan, silahkan ditambah melaui comment ya. Semoga manfaat.
Suka Pertimbangan Sebelum Membeli Flashdisk, dan ingin berlangganan gratis via email artikel seperti Pertimbangan Sebelum Membeli Flashdisk, silahkan klik disini atau masukkan email di kolom tersedia untuk mendapatkan artikel yang terbit di Dhicomp
Share this article :

16 comments

Trimakasih tipsnya mas buat yang baru mau cari pasti berguna banget seperti saya

Terimakasih sob tipsnya, memang benar membeli flashdisk itu harus teliti dan diseuaikan degan kebituhan :)

Dan kualitas tentunya teman

jadi bukan hanya karena kapasitasnyaya...

Yang utama sih kualitas dari flasdisk itu kang

wah dulu saya asal beli aja mas, soalnya btuh banget sama flashdisk hehehe :D
ternyata banyak ya yang harus dipertimbangkan :)

Kalo saya yang paling dipertimbangin itu kecepatan transfer data ama kapasitas aja gan.. :)

pengalaman membeli plesdis...banyak yng rusak...bnyk yang g mutu kualitasnya :(

betul bang heri..:(

Beli karena butuh ya Kang

Sekarang ini banyak sekali flashdisk ga jelas kualitasnya Mbak. Bahkan kami sering menemukan dipasaran dengan merek terkenal setelah dicek, ternyata lain (asal jadi)

Kecepatan transfer data itu merupakan salah satu bukti barang berkualitas, tapi harus dicoba kang sesuai tidak dengan data yang ada

Iya kang karena merek bisa di flash. Diatas foto salah satu contoh flasdisk berkualitas Kang (Sori mereknya dihapus)

tadi ponakan saya beli flashdisk gan...dan pertimbangan kriterianya sudah masuk semua pada point-point artikel di atas.. :)

Mudah-mudahan awet flashdisknya ya Kang