Struktur Dasar Tombol Keyboard

Dari dulu hardware yang satu ini yaitu keyboard tidak mengalami perkembangan yang signifikan sejak ditemukan pertama kali. Paling hanya penambahan beberapa tombol bantu untuk mempercepat pembukaan aplikasi program saja.

keyboard-qwerty

Melengkapi artikel keyboard tentang Fungsi Tombol Keyboard di Mozilla Firefox, kali ini kami paparkan apa saja struktur dasar dari tombol keyboard.

Secara umum struktur dasar dari tombol keyboard terbagi 4 :

1. Tombol Ketik (Typing Keys)
Tombol ketik adalah bagian dari keyboard berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan qwerty seperti foto diatas.

2. Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.

3. Tombol Fungsi (Function Keys)
Pada tahun 1986 IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.

4. Tombol kontrol (Control Keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).

Next : Fungsi Dasar Tombol Keyboard

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Struktur Dasar Tombol Keyboard"

  1. keren informasinya, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. wah selama ini saya hanya asal ketik mas di keyboard hehehe ternyata banyak juga ya structur nya ;)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel