UEFI (Unified Extensible Firmware Interface)

Kita lanjutkan Artikel EFI (Extensible Firmware Interface), Forum UEFI (Unified EFI) dimana para anggotanya terdiri dari produsen besar di bidang komputer seperti AMD, Apple, Dell, dan lainnya merilis UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) versi 2.1 pada tanggal 7 Januari 2007.

UEFI-Intel

Kemudian di tahun 2009 keluarlah UEFI versi 2.3. Spesifikasi UEFI saat ini sudah versi 2.5, disetujui pada April 2015 yang digunakan sampai sekarang.

UEFI (Unfied Extensible Firmware Interface) mampu merinci spesifikasi antarmuka yang membantu kontrol sistem pra-boot (yaitu: setelah sistem dinyalakan, sebelum sistem operasi mulai) untuk mengoperasikan sistem, seperti Windows atau Linux. UEFI menyediakan antarmuka sistem operasi yang bersih dan firmware platform di saat boot, dan mendukung mekanisme arsitektur-independen.

UEFI (Unfied Extensible Firmware Interface) adalah penerus yang dinanti selama ini untuk membuat hardware komputer lebih maksimal. UEFI adalah spesifikasi yang mendefinisikan antarmuka perangkat lunak antara sistem operasi dan firmware platform. UEFI adalah pengganti yang lebih aman untuk antarmuka BIOS (Basic Input Output System).

Interface yang ditampilkan UEFI lebih mirip dengan OS (Operating System). Antarmuka yang ditampilkan UEFI antara lain tabel data berisi informasi platform, dan layanan boot dan runtime yang tersedia untuk loader OS.(uefi.org)
Suka UEFI (Unified Extensible Firmware Interface), dan ingin berlangganan gratis via email artikel seperti UEFI (Unified Extensible Firmware Interface), silahkan klik disini atau masukkan email di kolom tersedia untuk mendapatkan artikel yang terbit di Dhicomp
Share this article :