Cara Kerja VMware

Di artikel Mengenal VMware Workstation telah sedikit disinggung mengenai cara kerja VMware. Intinya adalah sistem akan melakukan peniruan dan membuat versi virtual atau imitasi dari hardware komputer yang kita gunakan.

Dhicomp-VMware

Dalam hal ini maka sistem akan membuat versi virtual dari media penyimpanan, CPU, RAM, CD ROM, dan berbagai macam hardware lainnya yang merupakan komponen penting dari sebuah komputer fisik.

Keseluruhan versi virtual dari berbagai komponen tersebut akan membentuk sebuah mesin virtual yang bisa kita gunakan.

Sebuah software bernama Hypervisor bertugas untuk mengatur alokasi sumber daya dari komputer fisik yang akan digunakan oleh komputer virtual. Sistem operasi yang dipasang pada mesin virtual disebut sebagai guest OS dan akan dijalankan di luar dari sistem operasi utama.

Baca Juga :
- Spesifikasi Laptop HP 14-CK0013TU Intel Celeron N4000
- Cara Reset Printer HP 2135 Lampu Indikator Blinking Error
- Spesifikasi Lenovo Yoga 310-11IAP Laptop Hybrid
- PC Desktop ASUSPRO D340 MC

OS utama biasa disebut dengan host OS, kinerja dari OS utama tidak akan terpengaruh dari apa yang terjadi di guest OS. Bahkan kita bisa membuat lebih dari satu guest OS yang berbeda dalam sebuah komputer fisik saja.

Namun tentu saja perlu diperhatikan juga mengenai spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan VMware dengan baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Kerja VMware"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel