Error Kode Printer Canon MP258 dan Cara Mengatasinya

cannon-pixma-MP258
Kita sudah mengetahui Cara Memperbaiki Printer Canon iP2770 Error 5100 dan apa saja penyebab Error 5100, kini kita lanjutkan ke masalah Error Canon MP258.

Mari kita sama-sama mengatasi masalah yang terjadi pada Printer Canon MP258. Agar jangan terjadi salah sewaktu mengisi ulang tinta simak artikel Posisi Tempat Warna Pada Cartridge CL-811 PIXMA IP 2770.

Printer MP258 kalau bermasalah akan menunjukkan kode error jenis P dan E, berikut beberapa kode error pada MP258.

Error Kode Printer Canon MP258 dan Cara Mengatasi :

Kode Error MP258 ada 2 jenis kode, yaitu :
  1. Menggunakan huruf depan P
  2. Menggunakan huruf depan E
A. Kode Error P Canon MP258 :

-  P02 (Carriage Error)
Solusi :
  • Pastikan tidak ada benda yang nyangkut di roll printer.
  • Bersihkan dan cek encoder, siapa tau kena cipratan tinta.
- P03 (Line Feed Error)
Penyebab : Timing Disk kotor / rusak.
Solusi :
  • Cek timing disk sensor yang ada di sebelah kiri printer, lanjutkan dengan
  • Cek serta bersihkan boardnya.
- P05 (ASF Sensor Error)
Penyebab : Sensor pendeteksi kertas Canon MP258 Error.
Solusi :

Coba ganti salah satu spare part berikut ini :
  • ASF / PE sensor unit.
  • Motor dan juga
  • Board Printer Canon MP258.
- P06 (Internal Temperature Error):
Penyebab : panas berlebihan di dalam printer Canon MP258.
Solusi :
  • Bersihkan bagian dalam printer MP258, kalau masih tetap lanjutkan dengan
  • Ganti Board Printer MP258
- P07 (Ink Absorber Full):
Penyebab : Ink Counter Full / Penuh, Printer Canon MP258 minta di reset pakai Software.
Solusi :
  • Reset Printer Canon MP258 dengan menggunakan software
- P08 (Print Head Temperature Rise Error):
Penyebab : Head terlalu panas, melebihi ambang batas, biasanya Catridge warnanya
Solusi :
  • Coba ganti catrid warna Printer Canon MP258.
- P09 (EEPROM Error)
Penyebab : EEPROM board Canon MP258 mengalami Corrupt atau rusak.
Solusi :
  • Coba reset dengan menggunakan software, kalau masih tetap lanjutkan dengan
  • Ganti Board Printer Canon MP258.
- P15 (USB VBUS Over Current)
Penyebab : Printer kelebihan arus dari kabel USB Printer Canon MP258.
Solusi :
  • Coba Ganti Kabel USB Printer Canon MP258, kalau masih tetap lanjutkan dengan
  • Ganti Board Printer Canon MP258.
- P20 (Other Hardware Error)
Penyebab : kerusakan hardware lainnya
Solusi :
  • Ganti Board Printer Canon MP258.
- P22 (Scanner Error)
Penyebab : scanner tidak berfungsi
Solusi :
  • Ganti scanner Printer Canon MP258
  • Ganti Board Printer Canon MP258.
B. Kode Error E canon MP258 :

- E04 : Catridge canon MP258 tidak terpasang dengan baik.
Solusi :
  • Cabut catridge MP258 kemudian pasang lagi
- E05 : Catridge canon MP258 tidak terpasang dengan baik atau salah satu catrid ada yang rusak
Solusi :
  • Cabut catridge kemudian pasang lagi, kalau masih rusak cek catridge biasanya ada yang rusak
  • Ganti catridge jika ada yang rusak
- E14 dan E15 : Catridge canon MP258 tidak terpasang dengan baik.
Solusi :
  • Cabut catridge MP258 kemudian pasang lagi
- E13 dan E16: Ink has run out / catridge minta di reset.
Solusi :
  • Tekan tombol STOP / Reset selama 5 sampai 15 detik tunggu sampai led display berproses.
Semoga dapat membantu untuk memperbaiki Printer Canon MP258, kalau ada yang menemukan Error lainnya pada Printer Canon MP258 dan cara mengatasinya, Dhicomp berharap sudi kiranya memberikan masukan buat kami melalui kotak Comment.
Suka Error Kode Printer Canon MP258 dan Cara Mengatasinya, dan ingin berlangganan gratis via email artikel seperti Error Kode Printer Canon MP258 dan Cara Mengatasinya, silahkan klik disini atau masukkan email di kolom tersedia untuk mendapatkan artikel yang terbit di Dhicomp
Share this article :

46 comments

Saya gak punya pinternya, jadi nyimak aja

info nya sangat membantu mas semangat terus

pertamax nya yeesss, :D

print di tempat saya bekerja sering error nih, sekarang sudah tahu solusinya
thanks mas :)

Terimakasih Mas Robih

Terimakasih Mas Handri

Pertamax nya habis Mas Ferdon

Bermanfaat gan.. sy juga pernah mengalami printer seperti itu.

Supaya jangan lupa Mas Mahsus

makin dalem nih bahasan printernya.. hhe.. ijin nyimak aja ya gan.. :)

Terimakasih Kang Irpan

nambah wawasan dan ilmu nih dengan urusan error printer canon, sehari hari cuman bisanya makenya doang...rusak dikit serahiin ke servis....yang bayar kantor sih...;o)

wah printer ini udah ane kubur di kanor gan soalnya gampang troblenya keseringan headnya.. :D

Enak dong Kang, kalau kita sehari-hari kerjanya ngurusin barang orang yang bermasalah

wah arikelnya membantu banget....makasih ya gan

Sama-sama Kang Ahmad

maskaih untuk informasinya sob...

blogwalking pagi hari..

saya tidak menggunakan printer canon..tapi tutorial ini sangat menarik dan berguna bagi para pemakai printer canon.....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Saya pelajari saja dulu mas.. soalnya belum bisa prektek. ngak punya printer :)

Info yang bermanfaat sob..
pernah punya Printer Canon MP258 yang error sampai sekarang masih dongkrok

Salam juga dari Kami Om Hary.

Iya Kang buat nanti kalau sudeh punya, heee......heee......

Iya Sob, service printer yang satu ini cukup makan biaya

keluar koceknya cukup banyak ya mas kalu ganti spare part..:)

Masak sih, saya service printer nggak bayar tapi bolak-balik kesana

Iya Kang, part printer ini cukup mahal harganya

Yang bayar partnya Kang

sangat bermanfaat sekali tips nya mas :)
nambah pengetahuan saya :)

Sungguh masalah printer gak ada habisnya...

Kalau kami dikerjain aja Kang

printer saya keluar kode E15 gan, udah saya coba seperti yg agan perintahkan. tapi knp masih tetep muncul kode E15 tu ya. kondisinya masih blm bisa ngprint.
Ada cara yng lain lg ga gan?

Terkadang kami juga menggunakan resetter

mas printer saya error 15, udh coba tuto nya, tapi tetep gk bisa, knp ya

Coba atasi dengan menggunakan resetter

mas kalau masalanya biasa klau aku print copy biasa garis tengah hilang dan tabel kolom lari kiri ke kanan dan sebalinya gimana tu solusinya..

mas print aku ngga ada muncul eror tapi pas akunya print tulisan da kolom lari ke kiri kekanan maupun sebaliknya dan seterusnya solusinya gimana tuh.. trimakasih.

Itu masalahnya biasanya pada Catridge

terimakasih gan. buat infonya.
printer sudah bisa digunakan kembali.
tapi display monitor mati.
tapi printer masih bisa beroperasi.
knp ya?

IYO, KATRIKE DI TABRAK TABRAKNE KOK MALAH BISA, TRIMMK YO GAN..

om gmn caranya disable tinta warnanya? trims

Ada di property printernya Sob