Teknologi High Definition Multimedia Interface (HDMI)

High-Definition-Multimedia-Interface-(HDMI)
Hardware Komputer sangat beragam bentuk dan jenisnya, Dhicomp akan mencoba mengulas satu persatu seperti postingan sebelum nya Mengenal Universal Serial Bus (USB) kali ini kami akan memperkenalkan Teknologi High Definition Multimedia Interface (HDMI).

HDMI singkatan dari kata High Definition Multimedia Interface yaitu sebuah antarmuka peralatan audio video digital tanpa kompresi. HDMI menyediakan antarmuka untuk beberapa sumber audio video digital yang berfungsi untuk mentransmisikan data audio terkompresi beserta data video.

Saat ini teknologi HDMI sudah mulai menjadi favorit karena mampu menyediakan kualitas yang lebih baik untuk hasil gambar dan suara. HDMI juga mampu menunjukkan hasil yang lebih baik untuk penggunaan video game interaktif.

Connector-Pins-HDMI

Connector Pins HDMI Type A 19 pin

Konektor HDMI Tipe A memiliki 19 pin dan Tipe B memiliki 29 pin. HDMI Tipe B digunakan untuk versi resolusi yang lebih tinggi. Tipe B mampu membawa kanal video expanded untuk digunakan dengan tampilan resolusi tinggi. Teknologi HDMI Tipe B dirancang untuk mendukung resolusi yang lebih tinggi dari 1080p.

Saat ini fitur port HDMI disediakan oleh hampir kebanyakan produk elektronik sebagai alternatif fungsi digital mengganti fungsi analog standar, seperti coaxial cable, composite video, S-Video, componet video, VGA, dan sebagainya.

Teknologi HDMI mendukung sampai 8 channel digital audio, dan koneksi Consummer Electronics Controls (CEC). Mari kita bandingkan jika kita menggunakan metode analog, akan banyak sekali kabel yang harus digunakan. Tapi dengan mengunakan teknologi HDMI cukup hanya dengan 1 kabel saja.

Kelebihan dari HDMI ia memiliki arus listrik dan signal yang sama seperti yang digunakan oleh port DVI (Digital Visual Ainterface), maka jika menggunakan adapter converter dari DVI ke HDMI tidak diperlukan konversi signal dan yang paling penting hasilnya tidak ada penurunan kualitas video dan suara.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Responses to "Teknologi High Definition Multimedia Interface (HDMI)"

  1. Lebih besar dari kabel USB ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fisik lebih besar sedikit dari port USB Kang Heri

      Delete
  2. sip informasinya, jadi lebih tau tentang kabeel HDMI

    ReplyDelete
  3. saya kalau masalah beginian gak paham mas, dan saya baru tahu yang beginian

    ReplyDelete
  4. semakin canggih saja yah bro teknologi masa kini,,,pernah lihat di TV model baru tapi tidak tahu kegunaanya maklum lihatnya di TV tetangga hehe

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel