Pengertian Virus Komputer Serta Jenis Malware

Virus-Komputer
Bagi yang sering berselancar di dunia Internet kata Virus Komputer dan Malware memang sudah tidak asing lagi.

Kali ini Dhicomp share Pengertian Malware dan Jenis-Jenis Malware yang sering kita temui. Malware merupakan sebuah perangkat lunak berbahaya (Malicious Software).

Tanpa kita sadari Malware (Malicious Software) saat ini sudah semakin mudah menyebar dan menginfeksi komputer. Sistem dan aplikasi komputer kita jadi korban dirusak bahkan informasi pribadi milik kita pun bisa diketahui dan disalah gunakan oleh orang lain.

Oleh karena itu sebaiknya perangkat Komputer kita sudah dilengkapi dengan beberapa Program anti Malware seperti : Ad-Aware, Avast terbaru, AVG anti Spyware dan beberapa anti virus lainnya. Simak artikel menarik kami beberapa Tips Aman di Jejaring Sosial Facebook.

Sering kita tanpa menyadari bahwa perangkat Komputer kita sudah terinfeksi dengan beberapa software perusak ini. Bebera gejala Tanda-Tanda Komputer Terkena Virus dapat kita ketahui dengan ciri yang khas pada komputer kita.

Pada dasarnya malware adalah program berbahaya yang dapat merusak sistem komputer, menghambat akses internet dan yang paling berbahaya yaitu bisa mencuri informasi seperti password dan No. kartu kredit kita. Jenis-jenis malware ini diantaranya adalah trojan, virus, worm, spyware, adware, rootkit dan sebagainya.

Berikut beberapa pengertian dari jenis-jenis malware :

1. Virus Komputer
Jenis malware yang menyerang file eksekusi (.exe) yang akan menyerang dan menggandakan diri ketika file exe yang terinfeksi di jalankan. Virus komputer menyebar dengan cara menyisipkan program dirinya pada program atau dokumen yang ada dalam komputer. Untuk hal ini Dhicomp menganjurkan Untuk memproteksi Files dengan cara Memproteksi Files dari Virus dengan Winrar.

2. Spyware
Program yang bertindak sebagai mata-mata untuk mengetahui kebiasaan pengguna komputer dan mengirimkan informasi tersebut ke pihak lain. Spyware biasanya digunakan oleh pihak pemasang iklan.

3. Adware
Iklan yang dimasukan secara tersembunyi oleh pembuat program, biasanya pada program yang bersifat freeware untuk tujuan promosi atau iklan.

Worm-Rootkit-Trojan-Keylogger-Phishing

1. Worm
Sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability.

2. Rootkit
Program yang menyusup kedalam system komputer, bersembunyi dengan menyamar sebagai bagian dari system (misalnya menempel pada patch, keygen, crack dan game), kemudian mengambil alih, memantau kerja sistem yang disusupinya. Rootkit dapat mencuri data yang lalu-lalang di jaringan, melakukan keylogging, mencuri cookies akun bank dan lain-lain.

3. Trojan atau Trojan Hourse
Program yang diam-diam masuk ke komputer kita, kemudian memfasilitasi program lain misalnya virus, sypware, adware. keylogger dan malware lainnya untuk masuk, merusak sytem, memungkinkan orang lain meremote komputer dan mencuri informasi seperti password atau nomor kartu kredit.

4. Keylogger
Sebuah program yang dapat memantau penekanan tombol pada keyboard, sehingga orang lain dapat mengetahui password dan informasi apapun yang kita ketik.

5. Phishing 
Suatu bentuk penipuan untuk memperoleh informasi pribadi seperti userID, password, ATM, kartu kredit dan sebagainya melalui e-mail atau website palsu yang tampak asli.

Mungkin itulah sekilas Pengertian Virus Komputer Serta Jenis Malware yang harus kita waspadai. Sudah selayaknya kita pemilik komputer mencegah dan menghindari masuknya malware atau apapun itu yang bisa merusak komputer kita.

* Dhicomp sangat tidak menyarankan tetap menggunakan Operating System yang sudah pernah terkena virus. Operating System yang sudah terkena virus sebaiknya diinstal baru
Suka Pengertian Virus Komputer Serta Jenis Malware, dan ingin berlangganan gratis via email artikel seperti Pengertian Virus Komputer Serta Jenis Malware, silahkan klik disini atau masukkan email di kolom tersedia untuk mendapatkan artikel yang terbit di Dhicomp
Share this article :

20 comments

sebenarnya kurang begitu faham sama yang namanya virus dan sejenisnya,tapi setelah baca artikel diatas sedikit faham jadinya,ini harus dipelajari lebih dalam lagi kali yah hehehe

Benar sekali Kang Dede. Penjabaran tentang Virus Komputer Serta Jenis Malware cukup panjang, tidak cukup melalui sebuah artikel seperti ini.
Ya, mudah-mudahan melalui artikel ini paling tidak bisa menambah pengetahuan buat pribadi kami aja Kang.

ijin yimak mas buat nambah pengetahuan salam kenal kunbal y

ane paling sebel sama Trojan dan Rootkin gan.. susah dihapus.. beranak pinak...
satu-satunya jalan yaitu Boot-time scan yang memakan waktu lama..
btw ane pernah pasang keylogger di komputer teman,, hasilnya ,mantab wkwkwk

nambah ilmu baru nih dari gan dhicomp... thanks gan.. :)

wah tambah ilmu baru nih. Kebetulan laptop saya lumayan ada virus nya mas. Jadi harus rajin di scanner ya :)

malware ini memang berbahaya gan... juga suit ketebak gimna terjangkitnya..
oia ane blhnijin copas artikel ente yang tentang printer gan? ane pengen bljar bongkar smua merk printet :-)

Kalau sudah Trojan dan Rootkin kena Mending di Instal ulang Teman, lebih cepat dan OS nya baru

Terimaksaih Mas Irfan

ditunggu artikel cara memberantas virus dan malwarenya gan.. :)

tertarik pada poin 5,karena pernah dapat email dari teman, untuk memberitahu bahwa jangan sembarangan membuka email yang tidak anda ketahui sumbernya,lebih baik diabaikan atau dihapus saja,,
terimakasih sob sudah diingatkan.

Operating System yang sudah terkena virus sebaiknya diinstal baru aja Mbak

SIlahkan Kang Rachmat, Terimakasih

Insya Allah dibuatin tipsnya Teman.

Itu tipsnya Bagus Mbak Devi, Terimakasih

terima kasih gan :)

Sama-sama Kang Rachmat

aih...ternyata banyak banget jenisdan nama virus komputer teh ya,,,trojan azh juga banyak jenisnya...kirain trojan ya trojan azh....makasih udah ngasih tau pengertian dan jenis virus yei.

Iya Kang, itu sebabnya tidak cukup melalui sebuah artikel seperti ini bisa membahasnya lengkap